Kelompok
:
1. Indra Cahya
2. Kukuh Widyanto
3. Muhammad Mahbub
4. Rahma Aprilia Kumaji
5. Rakay Indramayapanna
Umpan Balik
Komunikasi Politik :
·
Bermacam-macam
kegiatan dalam suatu system politik yang menyangkut proses menentukan
tujuan-tujuandari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.
·
Komunikasi : proses penyampaian suatu pernyataan
oleh seseorang kepada orang lain “who say what to whom in which channel with what effect”.
·
komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan
aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan
kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Roger F. Soltau : mempelajari tentang Negara,
tujuan-tujuan Negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan itu; hubungan antara Negara
dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lain.
Umpan Balik Komunikasi :
·
Pemberian
penilaian adalah khalayak memberikan penilaian terhadap pesan yang disampaikan
oleh komunikator
·
Persetujuan
adalah khalayak menyetujui pesan yang disampaikan oleh komunikator
·
Penolakan
adalah khalayak tidak setuju dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator
·
Dukungan partisipasi adalah dukungan partisipasi
yang diberikan kepada komunikator politik
·
Pengalihan
suara adalah berpindahnnya suara atau pilihan dari satu calon ke calon yang
lain
Jurnal
:
·
Apa yang Masyarakat Ketahui Tentang Kandidatnya:
Millie, Murphy, dan isu
·
Ada suatu penelitian tentang masyarakat yang tidak
terlalu memikirkan siapa sebenarnya kandidat mereka, tetapi yang mereka gunakan
adalah apa yang mereka tahu dari kandidat tersebut
·
Pecandu TV memiliki wawasan yang lebih sedikit
ketimbang penonton TV level menengah. Kesamaannya, siapa yang mengandalkan TV
sebagai sumber utama berita memiliki skor lebih rendah ketimbang siapa yang
mengandalkan sumber lain, misalnya surat kabar.
Dampak
Komunikasi Politik
·
Perubahan
Pengetahuan
Tahun
1960, ilmu politik/komunikasi belum mengenal komunikasi politik. Kegiatan
yang mempelajari materi komunikasi politik telah ada semenjak lama, walaupun
tidak di bawah bendera komunikasi politik.
Lazarsfeld et al. menyimpulkan bahwa kontak tatap muka adalah faktor penyebab
terpenting dalam perubahan pilihan para pemilih Lazarsfeld e al. media massa
telah memainkan peranan penting sebagai penyalur informasi Sidney Kraus dan
Denis David, berpendapat bahwa media massa memainkan peranan yang penting dalam
kampanye pemilu.
·
Perubahan
Sikap
The
Representative a Trustee : Wakil sebagai anggota legislatif yang dipilih
bebas bertindak atau mengambil keputusan menurut pertimbangannya sendiri
melihat kepentingan-kepentingan tertentu dalam proses pengambilan keputusan.
The Representative as a Delegate : Wakil
bertindak sebagai utusan atau duta dari yang diwakilinya sedemikian rupa
sehingga ia selalu mengikuti instruksi dan petunjuk dari yang diwakilinya.
The Representative as Politico :
Tindakannya tergantung dari permaasalahan yang dihadapi
The
Representative as a Partisan : Wakil bertinddak sesuai dengan keinginan partai
yang mendukung. Setelah dipilih, si wakil mulai hubungannya dengan organisasi
politik yang mencalonkannya dalam pemilihan itu.
·
Perubahan Perilaku
Pengaruh
komunikasi politik kadangkala dapat diprediksi tetapi kadangkala juga sulit
diprediksikan. Fenomena terjadinya
perubahan-perubahan sikap dan perilaku politik khususnya terjadi pasca
berakhirnya kekuasaan Orde Baru. Perubahan sendiri dipengaruhi oleh adanya
interaksi dalam suatu proses politik yang melibatkan individu dan kelompok
·
Perubahan
Budaya Politik
Menggambarkan perilaku
komunikasi manusia dalam mengartikulasikan kepentingan-kepentingan politik yang
diperankannya.
Komunikasi Politik
KAMPANYE
KAMPANYE
Kampanye :
·
Kampanye Politik sebagai Persuasi, ada tiga
pendekatan persuasi politik, yaitu :
•
Propaganda
•
Periklanan
•
Retorika
·
Cara Membuat Pesan Kampanye Politik :
-
Demografis Berbicara
-
Kategorikan
-
Membangun
Koalisi
-
Membuat Pesan
Kampanye
·
Bentuk dan Jenis Kampanye :
-
Pertemuan terbatas
-
Pertemuan tatap muka
-
Media massa cetak
-
Penyebaran bahan kampanye kepada umum
-
Rapat umum
-
Kegiatan lain
·
Tahapan-tahapan kampanye isu :
-
Pilihlah isu
-
Kembangkan
strategi isu
-
Umumkan
kampanye anda
-
Mulailah
dengan kegiatan-kegiatan yang menjangkau masyarakat luas
-
Selenggarakan
pertemuan langsung dengan kelompok sasaran
-
Rencanakan
pembangunan organisasi
-
Menangkan atau
adakan pengelompokan baru
·
Tahapan dari Kampanye :
-
Masalah faktual yang dirasakan
-
Pengelolaan kampanye yang dimulai dari perancangan,
pelaksanaan hingga evaluasi
-
tahap evaluasi pada penanggulangan masalah (reduced
problem)
Teori Komunikasi Politik
:
•
Agenda Setting Model
•
Lasswell’s Model
•
Teori Otoritarian
•
Teori Demokratik Partisipan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar