Minggu, 27 November 2011

Riview Komunikasi Politik


Kelompok :
1. Indra Cahya
2. Kukuh Widyanto
3. Muhammad Mahbub
4. Rahma Aprilia Kumaji
5. Rakay Indramayapanna
Umpan Balik
Komunikasi Politik :
·         Bermacam-macam kegiatan dalam suatu system politik yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuandari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.
·         Komunikasi : proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain “who say what to whom in which channel with what effect”.
·         komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Roger F. Soltau : mempelajari tentang Negara, tujuan-tujuan Negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan itu; hubungan antara Negara dengan  warga negaranya serta dengan negara-negara lain.
Umpan Balik Komunikasi :
·         Pemberian penilaian adalah khalayak memberikan penilaian terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator
·         Persetujuan adalah khalayak menyetujui pesan yang disampaikan oleh komunikator
·         Penolakan adalah khalayak tidak setuju dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator
·         Dukungan partisipasi adalah dukungan partisipasi yang diberikan kepada komunikator politik
·         Pengalihan suara adalah berpindahnnya suara atau pilihan dari satu calon ke calon yang lain


Jurnal :
·         Apa yang Masyarakat Ketahui Tentang Kandidatnya: Millie, Murphy, dan isu
·         Ada suatu penelitian tentang masyarakat yang tidak terlalu memikirkan siapa sebenarnya kandidat mereka, tetapi yang mereka gunakan adalah apa yang mereka tahu dari kandidat tersebut
·         Pecandu TV memiliki wawasan yang lebih sedikit ketimbang penonton TV level menengah. Kesamaannya, siapa yang mengandalkan TV sebagai sumber utama berita memiliki skor lebih rendah ketimbang siapa yang mengandalkan sumber lain, misalnya surat kabar.


Dampak Komunikasi Politik
·         Perubahan Pengetahuan
Tahun 1960, ilmu politik/komunikasi belum mengenal komunikasi politik. Kegiatan yang mempelajari materi komunikasi politik telah ada semenjak lama, walaupun tidak di bawah bendera komunikasi politik. Lazarsfeld et al. menyimpulkan bahwa kontak tatap muka adalah faktor penyebab terpenting dalam perubahan pilihan para pemilih Lazarsfeld e al. media massa telah memainkan peranan penting sebagai penyalur informasi Sidney Kraus dan Denis David, berpendapat bahwa media massa memainkan peranan yang penting dalam kampanye pemilu.
·         Perubahan Sikap
The Representative a Trustee : Wakil sebagai anggota legislatif yang dipilih bebas bertindak atau mengambil keputusan menurut pertimbangannya sendiri melihat kepentingan-kepentingan tertentu dalam proses pengambilan keputusan.
The Representative as a Delegate : Wakil bertindak sebagai utusan atau duta dari yang diwakilinya sedemikian rupa sehingga ia selalu mengikuti instruksi dan petunjuk dari yang diwakilinya.
The Representative as Politico : Tindakannya tergantung dari permaasalahan yang dihadapi
The Representative as a Partisan : Wakil bertinddak sesuai dengan keinginan partai yang mendukung. Setelah dipilih, si wakil mulai hubungannya dengan organisasi politik yang mencalonkannya dalam pemilihan itu.

·         Perubahan Perilaku
Pengaruh komunikasi politik kadangkala dapat diprediksi tetapi kadangkala juga sulit diprediksikan. Fenomena terjadinya perubahan-perubahan sikap dan perilaku politik khususnya terjadi pasca berakhirnya kekuasaan Orde Baru. Perubahan sendiri dipengaruhi oleh adanya interaksi dalam suatu proses politik yang melibatkan individu dan kelompok



·         Perubahan Budaya Politik
Menggambarkan perilaku komunikasi manusia dalam mengartikulasikan kepentingan-kepentingan politik yang diperankannya.


Komunikasi Politik
KAMPANYE

Kampanye :
·         Kampanye Politik sebagai Persuasi, ada tiga pendekatan persuasi politik, yaitu :
      Propaganda
      Periklanan
      Retorika
·         Cara Membuat Pesan Kampanye Politik :

-          Demografis Berbicara
-          Kategorikan
-          Membangun Koalisi
-          Membuat Pesan Kampanye

·         Bentuk dan Jenis Kampanye :

-          Pertemuan terbatas
-          Pertemuan tatap muka
-          Media massa cetak
-          Penyebaran bahan kampanye kepada umum
-          Rapat umum
-          Kegiatan lain

·         Tahapan-tahapan kampanye isu :

-          Pilihlah isu
-          Kembangkan strategi isu
-          Umumkan kampanye anda
-          Mulailah dengan kegiatan-kegiatan yang menjangkau masyarakat luas
-          Selenggarakan pertemuan langsung dengan kelompok sasaran
-          Rencanakan pembangunan organisasi
-          Menangkan atau adakan pengelompokan baru
·         Tahapan dari Kampanye :

-          Masalah faktual yang dirasakan
-          Pengelolaan kampanye yang dimulai dari perancangan, pelaksanaan hingga evaluasi
-          tahap evaluasi pada penanggulangan masalah (reduced problem)

Teori Komunikasi Politik :
      Agenda Setting Model
      Lasswell’s Model
      Teori Otoritarian
      Teori Demokratik Partisipan

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar